Dalam setiap tes obyektif selalu digunakan alternative jawaban yang mengandung dua unsur sekaligus yaitu jawaban yang tepat dan jawaban yang salah sebagai penyesat / pengecoh (distraktor)
Tujuan pemakaian distraktor sebagai pengecoh bagi yang kurang mampu untuk dapat dibedakan dengan yang mampu.
No. item (kunci) | Klp 27% | Key / Distraktor | WL WH | TK | DP | |||||
A | B | C | D | E | O | |||||
I (A) | L | 10 | 7 | 5 | 10 | 3 | - | 25 | 57 | 0,28 |
H | 20 | 3 | 6 | 5 | 1 | - | 15 | |||
2 (B) | L | 7 | 19 | 4 | 0 | 5 | - | 35 | 95,7 | 0,08 |
H | 17 | 7 | 6 | 3 | 2 | - | 32 | |||
3 (A) | L | 9 | 12 | 9 | 3 | 2 | - | 14 | 62,8 | -0,4 |
H | 0 | 5 | 20 | 5 | 5 | - | 30 |
Tabel diatas menunjukkan pemakaian distraktor yang kurang baik, sebab distraktor yang baik adalah yang dapat dihindari oleh anak-anak yang pandai dan terpilih oleh anak-anak yang kurang pandai.
Dari tabel analisis diatas ada beberapa yang dapat diketahui
yaitu :
- Pada umumnya alternatif jawaban sudah baik.
- Pada item nomor 3, secara jelas peletakan kunci jawaban menjadai salah, sebab DP-nya menunjukkan angka negatif.
- Alternatif jawaban A dan C perlu dikaji kembali
Distraktor yang paling baik tidak harus terpilih oleh sedikitnya 2%.
Ket : TK : tingkat yang ingin dicari
WH : jumlah siswa yang menjawab salah dari kelompok
pandai
WL : jumlah siswa yang menjawab salah dari kelompok
rendah
DP : besarnya daya pembeda yang ingin dicari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar