Kamis, 15 September 2011

MENGANALISIS PENGGUNAAN DISTRAKTOR

Dalam setiap tes obyektif selalu digunakan alternative jawaban yang  mengandung dua unsur sekaligus yaitu jawaban yang tepat dan jawaban yang salah sebagai penyesat / pengecoh (distraktor)
Tujuan pemakaian distraktor sebagai pengecoh bagi yang kurang mampu untuk dapat dibedakan dengan yang mampu.
No. item
(kunci)
Klp


27%
Key / Distraktor
WL

WH
TK
DP
A
B
C
D
E
O
I
(A)
L
10
7
5
10
3
-
25
57
0,28
H
20
3
6
5
1
-
15
2
(B)
L
7
19
4
0
5
-
35
95,7
0,08
H
17
7
6
3
2
-
32
3
(A)
L
9
12
9
3
2
-
14
62,8
-0,4
H
0
5
20
5
5
-
30


Tabel diatas menunjukkan pemakaian distraktor yang kurang baik, sebab distraktor yang baik adalah yang dapat dihindari oleh anak-anak yang pandai dan terpilih oleh anak-anak yang kurang pandai.



          Dari tabel analisis diatas ada beberapa yang dapat diketahui

yaitu : 
  1. Pada umumnya alternatif jawaban sudah baik. 
  2. Pada item nomor 3, secara jelas peletakan kunci jawaban menjadai salah, sebab DP-nya menunjukkan angka negatif. 
  3. Alternatif jawaban A dan C perlu dikaji kembali

Distraktor yang paling baik tidak harus terpilih oleh sedikitnya 2%. 
Ket   : TK   : tingkat yang ingin dicari
          WH  : jumlah siswa yang menjawab salah dari kelompok
                 pandai
        WL    : jumlah siswa yang menjawab salah dari kelompok
                 rendah
        DP     : besarnya daya pembeda yang ingin dicari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar